Keliling-keliling Transit Area di Changi Airport



Selain Public Area, saya juga sempat keliling-keliling Transit Area di Changi Airport. Sesuai dengan namanya, area ini hanya bisa dimasuki calon penumpang. Artinya, untuk mengakses area ini, kita harus dalam keadaan memiliki boarding pass dan sudah melakukan check-in. Kita bisa langsung masuk Transit Area setelah selesai check-in dan masuk ke bagian Departure.

Sama dengan Public Area, Transit Area juga terbagi menjadi tiga terminal yaitu T1, T2, dan T3, yang masing-masing terbagi lagi menjadi beberapa level. Kita bisa menggunakan Skytrain untuk berpindah-pindah terminal. Maskapai penerbangan yang akan kita gunakan menentukan terminal mana yang harus kita masuki. Saya sendiri saat itu harus ke T2 karena Tiger Airways ada di terminal tersebut.


Karena saya sudah lapar berat setelah masuk ke Transit Area, tempat pertama yang saya tuju adalah McDonald’s di T2 Level 3. Salahnya adalah saya kelupaan mengecek apakah tempat ini sudah melalui proses sertifikasi halal. Dan setahu saya, memang nggak semua McDonald’s di Singapura punya sertifikat halal. Saya menghabiskan sekitar S$5-9 untuk package meal berisi Chicken Salad Wrap, French Fries, dan Coca-Cola.


Setelah perut kenyang, saya meluncur ke Orchid Garden di Level 2. Saya, sih, sebenarnya kurang mengerti jenis-jenis bunga, tapi tempat ini punya berbagai macam anggrek berwarna-warni.

Di samping berbagai macam anggrek, Orchid Garden dilengkapi Koi Pond besar pada bagian tengahnya. Menurut saya, pas banget didatangi buat melepas capek di tengah-tengah orang yang sibuk ke sana ke mari. Orang tua yang bawa anak kecil juga bisa istirahat di sini karena di dekatnya ada Wood Block Rubbing Station buat anak kecil yang hobi mencorat-coret.










Menghabiskan waktu di Transit Area rasanya belum lengkap kalau belum mampir ke toko mainan. Nah, setiap terminal di Transit Area punya toko mainan bernama ‘Kaboom’. Toko mainan ini ada di T1 Level 2, T2 Level 2, dan T3 Level 2. Di Kaboom ini lah, saya lihat kalau mainan Iron Man yang saya beli sebelumnya di Public Area ternyata bisa dibeli dengan lebih murah lagi. Kali ini, saya membeli Star Wars 550ml Bottle seharga S$13.93 (Rp130.640)* dan Kylo Ren Clicker Pen seharga S$9.30 (Rp87.218) buat adik saya.


Serunya, T2 punya zona bernama ‘Xperience Zone’. Tempat di Level 2 ini biasa menayangkan pertandingan olahraga. Bisa ditebak, kebanyakan yang datang ke Xperience Zone adalah pria. Kalau sedang nggak ada pertandingan olahraga, kita bisa menonton film 3D di tempat ini. 



Xperience Zone menyediakan beberapa PC supaya kita bisa memakai internet dengan gratis


T2 ternyata bukan hanya punya Orchid Garden untuk bikin kita rileks. Di Level 2, juga terdapat Enchanted Garden. Saya pribadi, sih, lebih suka duduk-duduk santai di sini dibandingkan di Orchid Garden.

 


Enchanted Garden juga punya Koi Pond



Nah, karena besoknya saya ada flight pagi-pagi sekali, saya memutuskan untuk menginap di Transit Area. ‘Menginap’ yang saya maksud di sini artinya benar-benar tidur di airport, bukan tidur di hotelnya airport atau tidur di tempat lain yang ada kasurnya. Transit Area sebenarnya punya beberapa Rest Area untuk memfasilitasi kita tidur, tapi karena saya pikir pastilah penuh, akhirnya saya berniat tidur di Movie Theatre. Bioskop kecil yang ada di Level 3 ini letaknya agak tersembunyi. Sebagai patokan, Movie Theatre berada dekat dengan Sunflower Garden.

Sesampainya di Movie Theatre, ternyata bukan saya saja yang berpikir demikian. Beberapa orang sengaja datang ke tempat ini untuk numpang tidur. Bahkan, ada yang niat sudah bawa-bawa selimut. Saran saya, sih, sebaiknya memang bawa selimut untuk tidur di dalam bioskop. Secara, saya pakai baju tiga lapis pun masih merasa dingin :p

Tidur di Movie Theatre nggak perlu khawatir akan diusir. Soalnya, bioskop ini beroperasi selama 24 jam. Setelah satu film selesai, nggak lama akan diputarkan film lain. Film yang diputar pun bervariasi dan biasanya masih terhitung film baru. Waktu itu, saya sempat menonton film Seventh Son (2014), Eddie the Eagle (2016), Kung Fu Panda 3 (2016). Bioskop ini juga aman karena setiap beberapa waktu sekali ada petugas keamanan yang mengecek kondisi di dalamnya.

*Nilai tukar saat post ini dibuat S$1 = Rp9.378

Photos by Amadea

No comments:

Post a Comment