Persiapan Esensial Pertama Kali ke Singapura



Saat post ini dibuat, saya sudah beberapa kali ke Singapura. Saya masih ingat, negara ini jadi negara pertama di luar Indonesia yang saya kunjungi. Usia saya masih termasuk anak-anak saat pertama kali ke sini. Rasanya? Senang bukan kepalang. Tapi, begitu menginjakkan kaki di Singapura, saya langsung cemas karena pergi ke luar negeri ternyata nggak sesimpel itu.

Sebenarnya, saya termasuk anak kecil yang sering membaca buku, tapi pengetahuan saya minim tentang bepergian ke luar negeri karena waktu itu belum banyak buku travel dan belum mudah mengakses informasi di internet seperti sekarang ini. Nah, karena di sekitar saya masih banyak yang belum pernah ke luar negeri, saya ingin berbagi sedikit tentang persiapan esensial untuk pergi ke Singapura.


Hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum berangkat:

1. Paspor


Hal paling penting yang perlu dibawa saat ke Singapura adalah paspor. Tanpa paspor, kita nggak akan bisa masuk negara mana pun. Paspor berfungsi sebagai identitas kita saat berada di luar negeri. Kalau belum memiliki paspor, kita wajib membuat di Kantor Imigrasi terlebih dahulu.

Kita bisa memilih ingin membuat paspor biasa atau paspor elektronik. Dengan paspor biasa, kita harus melalui petugas imigrasi dan paspor akan dicek secara manual. Sementara, dengan paspor elektronik, kita bisa melalui fasilitas autogate supaya nggak perlu antre menunggu giliran dicek oleh petugas. Namun, saya masih sering menemukan kasus di mana fasilitas autogate nggak bekerja dan pemilik paspor elektronik terpaksa antre menunggu giliran seperti pemilik paspor biasa. Saya belum menemukan perbedaan yang signifikan antara paspor biasa dan paspor elektronik. Sampai saat ini, saya masih menggunakan paspor biasa.

Untuk permohonan pembuatan paspor, kita perlu datang langsung ke Kantor Imigrasi. Tapi, setahu saya, sekarang kita juga sudah bisa mengajukan permohonan secara online. Setelahnya, kita tetap harus datang ke Kantor Imigrasi untuk foto, wawancara, dan mengambil paspor. Pertama kali membuat paspor rasanya gugup juga. Waktu itu, saya nggak tahu kalau bakal ditanya sederet pertanyaan, mulai dari yang berhubungan langsung dengan acara jalan-jalan sampai yang nggak berhubungan. Saya pernah ditanya alasan membuat paspor, pergi dengan siapa, sampai sekolah di mana dan kelas berapa. Kuncinya, sih, jawab pertanyaan wawancara dengan jujur dan tenang. Kalau nggak berniat macam-macam, permohonan kita untuk memiliki paspor pasti dikabulkan.

2. Tiket pesawat dan hotel


Setelah paspor ada di tangan, saatnya memesan tiket pesawat dan kamar penginapan. Dulu, tahun 2011, saya masih merasakan masa-masa repotnya memesan tiket pesawat dan kamar penginapan karena nggak punya kartu kredit. Pilihannya cuma memesan lewat travel agent atau lewat situs maskapai penerbangan dan penginapan langsung secara online dengan kartu kredit. Sekarang, sih, kita bisa memesan dengan mudahnya lewat online travel agent dan membayar dengan cara transfer.

Kalau mau terbang dengan biaya yang lebih terjangkau, kita bisa memilih terbang dengan low-cost airline. Maskapai penerbangan bertarif rendah yang bisa mengantarkan ke Singapura di antaranya AirAsia, Jetstar Asia, Lion Air, dan Tiger Airways. Terakhir kali ke Singapura, saya memilih terbang dengan Tiger Airways. Tiket pesawatnya saya beli via nusatrip.com.

3. Alat pembayaran



Alat pembayaran juga nggak kalah pentingnya. Di Singapura, mata uang yang berlaku adalah Singapore Dollar (SGD). Uang SGD terbagi menjadi uang kertas dan uang logam. Berbeda dengan uang kertas Indonesia di mana setiap pecahannya menampilkan gambar tokoh yang berbeda-beda, semua uang kertas SGD hanya menampilkan gambar Yusof bin Ishak yaitu Presiden pertama Singapura. Saat saya menulis post ini, nilai tukar uang S$1 = Rp9.365. Penukaran mata uang bisa dilakukan di money changer di Indonesia sebelum berangkat atau setiba di Singapura.


4. Barang bawaan

Barang bawaan termasuk hal yang sering lolos diperhatikan calon penumpang. Sebelum keasikan membawa ini-itu ke Singapura, sebaiknya perhatikan batas maksimal barang bawaan. Barang yang kita bawa bisa dibagi untuk diletakkan di kabin dan dibawa oleh kita sendiri ke dalam pesawat atau diletakkan di bagasi dan dibawa oleh petugas maskapai ketika melakukan check-in. Tapi, membawa barang di bagasi biasanya memerlukan biaya tambahan sesuai dengan daya tampung yang kita pilih. Semakin berat barang bawaan kita, akan semakin mahal juga biayanya. Saat membeli tiket pesawat, sebaiknya baca terlebih dahulu apakah kita mendapat jatah gratis untuk membawa barang di bagasi. Kalau nggak berniat membeli jatah bagasi, perhatikan batas maksimal barang bawaan yang bisa dibawa di kabin.

Kemudian, perhatikan juga barang-barang yang boleh dan nggak boleh dibawa dalam pesawat. Kita dilarang membawa cairan lebih dari seratus mililiter, produk yang berasal dari hewan, alat tumpul yang memiliki potensi untuk menyebabkan cedera, benda-benda berbahan gas, bahan peledak, zat mudah terbakar, zat kimia dan beracun, serta segala bentuk senjata dan benda tajam. Di samping itu, setiap negara biasanya memiliki peraturan masing-masing mengenai barang-barang yang nggak boleh dibawa. Singapura punya peraturan ketat untuk nggak membawa permen karet, rokok, shisha, dan barang-barang bajakan seperti software atau DVD bajakan.

Hal penting yang perlu diperhatikan di hari keberangkatan:


Menggunakan pesawat untuk bepergian ke Singapura tentunya berbeda dengan menggunakan pesawat untuk bepergian di dalam negeri. Sebaiknya datang dua jam sebelum jam keberangkatan karena proses untuk sampai duduk di dalam pesawat membutuhkan waktu yang nggak sebentar.

Pertama, kita perlu menemukan area keberangkatan luar negeri. Cari terminal bandara sesuai dengan maskapai penerbangan yang dipilih. Kedua, kita akan melewati pemeriksaan keamanan. Pada saat ini lah barang-barang akan dicek dan kita diminta melepas semua logam yang ada pada tubuh. Ketiga, kita perlu melakukan check-in. Tempat check-in dibagi sesuai dengan maskapai penerbangannya masing-masing. Berikan paspor dan bukti pembelian tiket pesawat kepada petugas maskapai. Kalau membawa barang untuk diletakkan di bagasi, serahkan kepada petugas untuk ditimbang dan dibawa ke bagasi. Petugas juga akan memberikan nomor bawaan bagasi supaya nggak tertukar dengan barang milik orang lain. Keempat, kita akan melewati petugas imigrasi. Paspor kita harus mendapat stempel keberangkatan untuk bisa berangkat ke Singapura. Petugas mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait kepergian kita. Kelima, kita perlu mencari boarding gate sesuai dengan maskapai penerbangan. Setelah melewati pemeriksaan keamanan yang kedua kalinya, kita bisa langsung duduk menunggu pesawat di dalam ruang tunggu.

Hal penting yang perlu diperhatikan setelah tiba di Singapura:


Saat tiba di Singapura, tentunya kita juga perlu melalui sejumlah proses. Kita harus mengisi embarkation card atau kartu keberangkatan. Beberapa tahun lalu saat ke Singapura, kartu ini masih saya dapat dari petugas masing-masing maskapai saat berada dalam pesawat atau saat melakukan check-in. Namun, terakhir kali ke Singapura, kartu ini perlu diambil sendiri di Changi Airport sebelum melewati petugas imigrasi. Kartu ini diisi dengan data-data pribadi seperti nama lengkap, nomor paspor, tempat tanggal lahir, dan lain-lain.

Setelah mengisi embarkation card, bawa kartu ini beserta paspor ke petugas imigrasi. Bila memungkinkan, siapkan bukti pemesanan kamar penginapan dan alamat penginapan kalau-kalau ditanyakan oleh petugas. Nah, di saat ini lah, kita harus menguatkan mental. Soalnya, Singapura terkenal ketat dan kemungkinan besar petugasnya akan menanyakan macam-macam. Bahkan, saya pernah beberapa kali kena dimarahi karena masalah yang menurut saya sepele.

Dari pengalaman saya, sih, petugas wanita biasanya jauh lebih ribet dibandingkan petugas pria. Petugas bisa saja menanyakan pertanyaan dalam bahasa inggris atau indonesia. Sebalnya, aksen mereka sulit diikuti karena Singapura punya bahasa sehari-hari sendiri yang disebut ‘singlish’ (gabungan antara singapore dan english). Setelah lolos dari petugas, saatnya mengambil barang sesuai dengan pembagian tempat maskapainya masing-masing bagi yang membawa barang di bagasi. 

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat di Singapura:

1. Berjalan di sebelah kiri


Berbeda dengan orang Indonesia, orang Singapura termasuk tepat waktu dan nggak mau rugi waktu. Mereka cenderung berjalan ke mana pun dengan cepat dan bahkan berlari karena takut terlambat. Jadi, biasakan untuk berjalan di sebelah kiri kalau ingin berjalan dengan lambat karena mereka akan marah ketika merasa jalannya dihalangi. Hal ini juga berlaku ketika menggunakan escalator dan travelator.

2. Toilet

Percaya nggak percaya, menggunakan toilet di Singapura pernah jadi hal yang membingungkan sewaktu saya kecil dulu. Saya sempat panik karena nggak berhasil menemukan tombol untuk menyiramkan air. Belakangan, saya baru tahu kalau kebanyakan toilet di Singapura menyediakan tombol yang tertanam di dinding yang bisa kita tekan. Dan ternyata, sekarang malah lebih canggih lagi. Kebanyakan toilet nggak memiliki tombol sama sekali untuk menyiram air. Air akan disiramkan secara otomatis setelah kita selesai menggunakan toilet dan bersiap-siap membuka pintu untuk keluar.

3. Peraturan

Singapura sangat disiplin dengan peraturan yang mereka miliki. Nggak heran, negara ini dijuluki ‘negeri seribu satu larangan’. Kita harus jeli melihat peraturan-peraturan yang tertera di berbagai tempat supaya nggak dikenakan denda atau sanksi apapun karena Singapura punya banyak CCTV untuk memantau keamanan. Beberapa peraturan paling dasar yang harus dipatuhi adalah nggak meludah sembarangan, nggak membuang sampah sembarangan, nggak mengunyah permen karet, dan nggak merokok.

Photos by Amadea

9 comments:

  1. maaf mba mau tanya tanya dikit
    kebetulan bulan depan saya dan teman saya akan pergi berlibur ke sana, dan ini pengalaman pertama kali saya dan teman saya ke luar negri dan yg lebih parah lagi kita ini pas pasan bgt bahasa inggrisnya dan bisa di bilang malah gak bisa, mau tanya biasanya apa aja yg di tanya di imigrasi singapur mba dan tips tipsnya ngadepin imigrasi singapur dan hal yg harus di perhatiin lagi selama liburan di sana biar lebih aman soalnya kita cewe cewe aja nih modal nekad hhee
    di tunggu jawabannya makasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah kok mbak kalau nggak bisa bahasa inggris, kalau memang nggak ngerti jujur saja bilang nggak ngerti, biasanya mereka akan tanya-tanya dalam bahasa indonesia.

      Biasanya yang mereka tanyakan itu seputar apakah baru pertama kali ke Singapura, pergi ke sana untuk apa, pergi dengan siapa, pergi berapa hari, menginap di mana. Tapi, bisa aja beruntung nggak ditanya sama sekali. Tipsnya, sih, jangan terlihat tegang supaya mereka nggak ngira macam-macam.

      Semoga bisa membantu, ya :)

      Delete
  2. Butuh kredit ekonomi yang mendesak?
    * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang Anda
    sebuah rekening bank
    * Tingkat bunga rendah dari 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan biaya bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibiayai? Setelah Anda mengirimkan aplikasi pinjaman Anda,
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    dari keuangan 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    darimu. Hubungi perusahaan yang sah dan berlisensi ini berwenang untuk memberikan dukungan keuangan untuk Semua
    Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250,000,000.00. Max, Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam Euro, THB-Thai Baht, Sterling dan nilai tukar Dollar adalah 2% dari semua pinjaman

    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    jika Anda tertarik kembali ke kita melalui ...
    Email: Susanbowmanloancompany@gmail.com...

    ReplyDelete
  3. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  4. Hiu pinjaman di INDONESIA adalah orang yang kejam dan jahat, mereka sama sekali tidak memiliki wajah manusiawi, mereka terlalu ketat, atau Anda ditolak oleh perusahaan pinjaman lain karena Anda tidak dapat memberikan semua kredit 5C Untuk memberi Anda kualifikasi untuk mendapatkan pinjaman atau Anda ditolak oleh Banks sebagai hasil dari sejarah kredit Anda yang buruk atau Anda bangkrut dan dari semua indikasi Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan kehidupan finansial Anda. Di sini kita seperti kita menawarkan pinjaman dari semua Macam itu bayar hari, konsolidasi hutang, pinjaman pribadi dan banyak lagi silahkan hubungi kami hari ini melalui alamat kontak kami di bawah ini
    Website: https: //iskandarlestari.wordpress.com
    E-mail {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITE: {D8980E0B}

    ReplyDelete
  5. Hiu pinjaman di INDONESIA adalah orang yang kejam dan jahat, mereka sama sekali tidak memiliki wajah manusiawi, mereka terlalu ketat, atau Anda ditolak oleh perusahaan pinjaman lain karena Anda tidak dapat memberikan semua kredit 5C Untuk memberi Anda kualifikasi untuk mendapatkan pinjaman atau Anda ditolak oleh Banks sebagai hasil dari sejarah kredit Anda yang buruk atau Anda bangkrut dan dari semua indikasi Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan kehidupan finansial Anda. Di sini kita seperti kita menawarkan pinjaman dari semua Macam itu bayar hari, konsolidasi hutang, pinjaman pribadi dan banyak lagi silahkan hubungi kami hari ini melalui alamat kontak kami di bawah ini
    Website: https: //iskandarlestari.wordpress.com
    E-mail {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITE: {D8980E0B}

    ReplyDelete
  6. Saya ((Angga Annisa)) seorang dermawan dari ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM Saya mengalami trauma ketika saya berulang kali melakukan scammed oleh perusahaan pinjaman online dan krisis keuangan saya semakin dalam ketika saya dilempar keluar dari apartemen yang saya sewa. Saya tidak punya pilihan selain mencari untuk pinjaman baik online maupun Bank tapi tidak berbuah saya mencoba mencari cara lain untuk melihat apakah saya bisa diselamatkan dari gejolak keuangan saya tapi tidak ada hasilnya sampai teman saya di BATAM mengenalkan saya kepada Ibu Iskandar via e : ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) pada awalnya saya meragukannya karena ini juga perusahaan online tapi saya diberi tahu untuk memasang trier yang saya lakukan beberapa jam setelah aplikasi dan pemrosesan pinjaman saya saya terkejut ketika pinjaman saya disetujui bahkan tanpa saya membawa jaminan keamanan dan juga pinjaman dihitung dengan tingkat bunga yang sangat rendah. Dorongan ibu membuat saya terus berjalan dan saya dapat membuktikannya segera setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening Bank saya melalui transfer e-banking. jaringan ch annel jadi saya sangat senang rencana pertamaku dieksekusi karena saya harus mendirikan bisnis sebuah supermarket installaments bulanan saya benar-benar mematuhi semua terima kasih kepada ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM tolong hubungkan juga ke ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} dan juga Jika Anda ingin mendapatkan konfirmasi dari saya, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui e saya: (anggaannisa1979@gmail.com)) pengalaman saya bersama Ibu Iskandar memang sukses karena saya sekarang memesan barang dari MALAYSIA supermarket saya sekarang booming ALLAH sangat bagus jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman ISKANDAR mereka bukan hanya perusahaan pinjaman online tapi sangat membebani orang-orang Asia dan AFRIKA sama seperti mereka memiliki banyak klien di INDONESIA sehingga Anda tidak perlu takut lagi tentang saya sekarang adalah bisnis yang kaya. wanita "" MASHALLAH ""

    ReplyDelete
  7. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia adalah wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    ReplyDelete