Mengikuti Jejak “Nicholas Saputra” di Via Via



Bisa dibilang, saya termasuk penggemar berat film Ada Apa Dengan Cinta? 2. Saya sempat menonton film ini sampai 3x saat masih diputar di bioskop dan hafal beberapa dialognya di luar kepala. Saya juga tahu banyak tempat yang dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk film ini. Salah satunya adalah Via Via yang dipilih “Nicholas Saputra” alias Rangga untuk menikmati kopi, beberapa saat sebelum ditemukan Milly dan Karmen.


Via Via ternyata bukan sekadar tempat makan dan minum. Selain berjalan sebagai resto dan bakery, tempat ini juga merupakan travel agent, guest house, fair trade shop, dan tempat yoga. Via Via dapat dikunjungi pada 07.30-23.00 WIB. Letaknya ada di Jalan Prawirotaman No. 30, Brontokusuman, Mergangsan. Prawirotaman sendiri adalah kawasan yang jadi favorit turis-turis asing dan sering dijuluki ‘Kampung Bule’. Sehingga suasana di sekitarnya lantas mengingatkan dengan Bali.

Menurut saya, Via Via cocok dikunjungi para pecinta alam. Saya bisa merasakan sensasi back-to-nature saat sampai di tempat ini. Menariknya, tempat ini nggak menggunakan AC, tetapi dibuat sedemikian rupa sehingga udaranya nggak terasa panas.

Saat melihat Via Via di film, saya pikir tempat ini cuma asik dipilih sebagai tempat menikmati kopi oleh orang-orang dewasa. Saya sudah terbayang kafe dengan nuansa warna-warna tanah atau netral. Kontras dengan bayangan saya, Via Via ternyata juga sangat child-friendly. Hal ini bisa dilihat mulai dari pemilihan warna kursi dan dinding yang berwarna-warni.

Sebagai shop, barang-barang yang disediakan Via Via beraneka ragam. Saya melihat ada pernak-pernik khas Yogyakarta, mainan, pakaian, perlengkapan hiking, sampai merchandise film ‘Ada Apa Dengan Cinta 2’.

Bagian belakang Via Via lebih menonjolkan tempat yang child-friendly. Sebab, di sinilah terdapat playground yang bebas menjadi tempat bermain anak-anak. Lucunya, tempat bermain ini bertema mini guest house, bakery, dan fair trade shop. Tapi, dinding bergambar peta besar berwarna-warni lengkap dengan hewan khas sesuai wilayahnya lah yang justru menarik perhatian saya.



Makanan yang ditawarkan Via Via terdiri dari menu lokal dan western. Saran saya, sebelum memesan sebaiknya cek terlebih dulu daily specials yang mereka tawarkan karena setiap harinya Via Via menyediakan menu spesial yang berbeda-beda. Hebatnya, Via Via berusaha sebisa mungkin menggunakan nasi dan sayuran organik. Makanan-makanannya pun pas dengan pemilik gaya hidup sehat karena nggak menggunakan MSG.

Pasta with Pesto Sauce, Rp45.000


Photos by Amadea

No comments:

Post a Comment