Diajak ke Negeri Dongeng oleh Seribu Batu Songgo Langit



Dari Jurang Tembelan, mengeksplor Mangunan bisa kita lanjutkan ke Seribu Batu Songgo Langit. Objek wisata ini rupanya juga baru mulai dikelola tahun 2016 lalu. Saya sampai puas sendiri rasanya melihat tempat-tempat di sekitar Mangunan sudah dimaksimalkan untuk turis.


Seribu Batu Songgo Langit berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Setelah sampai di kawasan Mangunan, kita nggak akan kesulitan mencari tempat ini karena di bagian depannya tertulis besar-besar ‘Rumah Hobbit’. Tulisan ini juga sebenarnya yang bikin saya penasaran melihat langsung seperti apa objek wisata Seribu Batu Songgo Langit.

Kabarnya, tahun 2016 lalu, Seribu Batu Songgo Langit baru diisi oleh beberapa gazebo dan jembatan kayu. Barulah pada tahun 2017, tempat ini ramai dengan berbagai warung dan spot untuk berfoto seperti di negeri dongeng.

Seribu Batu Songgo Langit dalam bahasa Jawa berarti ‘Seribu batu yang menopang langit’. Menginjakkan kaki di objek wisata ini, kita bisa menemukan banyak batu raksasa yang fotogenik. Bebatuan besar ini tersebar di berbagai sudut di antara pohon-pohon pinus dan karet seolah berjatuhan begitu saja dari langit.

“Diajak” ke negeri dongeng nggak mengharuskan kita membayar mahal. Waktu itu, saya hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp2.500 dan biaya parkir mobil. Kalau berminat mencoba flying fox, kita bisa membayar Rp15.000 per orang.

Spot berfoto favorit saya di Seribu Batu Songgo Langit jatuh ke Rumah Seribu Kayu. Dari namanya, mungkin sudah bisa ditebak kalau spot ini memiliki banyak rumah-rumahan yang terbuat dari kayu. Saya otomatis teringat dengan rumah kayu milik para kurcaci yang ada dalam film Snow White and the Seven Dwarfs saat melihat spot ini. Bahkan, saya sempat membayangkan kurcaci-kurcaci berlarian di sekelilingnya.

Beruang kayu di negeri dongeng

Spot berfoto lain yang ada di Seribu Batu Songgo Langit pastinya Rumah Hobbit. Sayangnya, spot ini nggak bisa kita masuki seperti rumah-rumahan kayu yang sudah saya sebut sebelumnya. Dari yang saya perhatikan, Rumah Hobbit menjadi spot favorit para pengunjung yang datang saat itu.

Jembatan Jomblo, salah satu spot berfoto di Seribu Batu Songgo Langit

Kejutannya buat saya yang suka sekali dengan binatang... Seribu Batu Songgo Langit punya taman kelinci! Walaupun nggak sebesar bayangan saya, taman berisi beberapa rumah kelinci ini mampu bikin saya dan banyak pengunjung cilik betah berlama-lama di sekitarnya.

Kelinci menggemaskan di Seribu Batu Songgo Langit



Photos by Amadea

No comments:

Post a Comment