Dinner Cruise Murah di Saigon River



Sebelum tiba di Vietnam, sebenarnya saya dan teman-teman nggak punya rencana sama sekali untuk mencoba dinner cruise. Saya juga nggak pernah kepikiran karena saya pikir, mau di mana pun, biaya dinner cruise biasanya di luar jangkauan kantong saya (Maklum, tahun 2016 kemarin saya balik jadi anak kuliahan lagi :p). Tapi, setelah tahu kalau kami bisa ikut dinner cruise dengan harga terjangkau, akhirnya kami setuju mengisi satu malam untuk lihat Saigon River. 


Di Saigon River, ternyata ada banyak floating restaurant yang bisa dipilih. Misalnya, kapal besar bernama Elisa dengan empat tingkat ini. Kami sempat heboh sendiri karena ada salah satu teman kami yang namanya Elisa.

Waktu itu, kami mencoba dinner cruise dengan Dong Duong. Kami dikenakan biaya $20 (Rp266.880)* per orang untuk mengelilingi Saigon River, makan malam, serta menikmati nyanyian dan tarian tradisional Vietnam selama kurang lebih tiga jam dengan kapal kayu ini. Murah, kan? Kapalnya sendiri terdiri dari dua tingkat. Serunya, kami dapat tempat di tingkat atas.

Sempat hujan saat kapal baru berlayar

Dari jendela kapal, kita bisa melihat pemandangan Vietnam malam hari yang spektakuler. Mulai dari billboard besar, lampu berwarna-warni, sampai gedung pencakar langit. Di samping itu, air sungai di Saigon River sangatlah bersih.


Selain saya dan teman-teman, pengunjung lain yang mengikuti dinner cruise mayoritas berkulit putih. Saya kurang tahu mereka hanya turis seperti kami atau memang menetap di Vietnam karena saya dengar mereka mengobrol dalam bahasa Prancis. Dugaan saya, orang-orang Prancis termasuk betah tinggal di Vietnam karena sejarah kolonialisme di negara ini.



Selama berlayar dengan Dong Duong, kami mendapat full course dinner. Saya perhatikan, menu yang disediakan floating restaurant ini berbeda-beda karena pengunjung lain mendapat makanan yang beda dengan makanan kami. Dari segi rasa, makanan-makanan ini nggak bisa disebut enak. Tapi, keunggulan dinner cruise di Saigon River ini katanya memang sebatas pengalaman yang ditawarkan. Makanan enak jadi prioritas kesekian mereka.

Untuk entrée, kami mendapat masakan yang terdiri dari sayur-sayuran dengan udang dan crab soup. Menurut saya, soup ini lah yang rasanya paling bisa saya nikmati selama berada di Dong Duong.

Crab soup

Untuk main course, kami mendapat tiga masakan sekaligus. Masakan pertama terdiri dari ikan dengan sayur-sayuran. Masakan kedua terdiri dari ayam dengan cashew nut berbumbu manis. Masakan ketiga adalah fried rice berwarna kuning dengan sayur-sayuran dan udang. Sementara, untuk dessert, kami mendapat blueberry crepes.


Fried rice


Selama berada di Dong Duong, kami dibolehkan ke sana ke mari untuk melihat pemandangan. Jadilah kami berhamburan memenuhi area deck setelah perut terasa kenyang.




*Nilai tukar saat post ini dibuat $1 = Rp13.344

Photos by Amadea

4 comments:

  1. Sy agustus bln dpn mau ke vietnam, mau coba dinner cruise klu $ 20 Mau nih...Ada kontaknya atau gimana Cara booknya? Di Pha ngung Lo ? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi dinner cruise ini ada di Saigon River. Di sana ada banyak kapal, tapi kalau yang waktu itu saya naiki dengan biaya $20 namanya kapal Dong Duong. Bulan Maret 2017 lalu sempat saya cek lagi dan harganya ternyata memang masih murah.

      Sebenarnya bisa langsung datang ke sini saat malam hari tanpa booking. Tapi mungkin memang lebih baik coba booking terlebih dulu. Nomor telf mereka yang bisa dihubungi 0838957438, nomor fax 0838487551 (kalau dari Indonesia tambahkan kode +84 di depannya). Kemudian saya sempat baca di salah satu website kalau mereka bisa dihubungi lewat email di indochinajunk@gmail.com, tapi saya sendiri belum pernah coba apa benar bisa pesan tempat lewat email.

      Semoga membantu :)

      Delete
  2. Aduh terima kasih banget, sy memang lg msu ikut dinner cruise udah 2x ke vietnam, blm pernah coba..Dari kmrn Sy browsing, Ada bonsai cruise tp Mahal usd 45...bener2 membantu infonya soalnya setelah Agustus, oktober sy kesana lagi Bawa Tamu 12 orang
    Mgkn Mereka mau dinner cruise juga...Sekali terima kasih Amadea

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete